Instagram siapkan fungsi NFT, ikuti jejak Twitter

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Instagram akan meluncurkan fitur “NFT” yang memungkinkan seniman dan pembuat konten untuk memamerkan token mereka.

Ditutup dari The Verge, Selasa (5/10/2022), pengumuman Mark Zuckeberg juga memberikan informasi baru bahwa fitur “NFT” juga akan tersedia di Facebook.

CEO Instagram Adam Mosseri tweeted bahwa uji coba fitur “NFT” mulai berlaku hari ini di AS untuk pembuat atau artis NFT tertentu.

Nantinya, NFT yang dibuat oleh penulis dapat ditampilkan di unggahan utama dan juga menceritakan latar belakang penciptaan karya tersebut.
BACA JUGA: Facebook Hapus Segudang Fitur Pelacakan Lokasi, Salah satunya Teman Terdekat

Detail NFT ditampilkan dengan cara yang mirip dengan profil dan produk yang diberi tag dan label “Koleksi Digital”. Saat pengguna mengklik tag, detail seperti nama pembuat dan pemilik akan ditampilkan.

Mosseri menjelaskan, percobaan kelompok kecil ini dilakukan agar Instagram bisa belajar dari komunitasnya. Ini juga dimaksudkan untuk mencegah ketidakpercayaan terhadap platform jejaring sosial besar yang tiba-tiba memperkenalkan NFT.

“Saya ingin mengakui bahwa teknologi blockchain NFT dan Web3, secara lebih luas, adalah tentang mendistribusikan kepercayaan dan kekuatan,” kata Mosseri.

Juru bicara Meta Christine Pai mengatakan untuk fase awal NFT, yang dapat dipamerkan di fitur “NFT” Instagram, NFT akan dicetak pada blockchain Ethereum dan Polygon.

Namun, ada kemungkinan bahwa blockchain lain akan bergabung, termasuk Solana dan Flow.

Mosseri menekankan bahwa mendukung NFT di Instagram dapat membantu memperkenalkan teknologi tersebut kepada lebih banyak orang.

Ketertarikan raksasa media sosial itu ke industri NFT ternyata tak hanya dialami Meta, namun sebelumnya juga dialami oleh Twitter.

Twitter diketahui telah memperkenalkan NFT pada platform sebagai gambar profil heksagonal. Ikon di sudut postingan Instagram NFT juga muncul sebagai segi enam.

Sumber :